Posted in Uncategorized

BPN 30 Days Blog Challenge : Pekerjaan Rumah Tangga Favorit (Day 21)

BPN 30 Days Blog Challenge day 21-Mutiara's Land

Hai semua! Sebagai emak-emak ada ga sih yang namanya pekerjaan rumah tangga favorit? Yang namanya pekerjaan rumah, meskipun ada yang ga favorit tetep aja kan ya dilakukan. hahahaha….

Bicara tentang pekerjaan rumah, dalam sehari apa aja sih pekerjaan rumah yang dilakukan oleh teman-teman semua? Adakah yang pekerjaannya dirapel-rapel? Misal nih, nyuci baju jadi 3 hari sekali, ngepel jadi seminggu sekali, dan lain-lainnya. Wah enak juga ya, ngerapel pekerjaan rumah terkadang salah satu trik manajemen rumah tangga agar waktu kita bisa maksimalkan untuk hal lain, nulis blog ini misalnya :p

Balik lagi cerita tentang pekerjaan rumah tangga yang disukai apa ya kira-kira……??

Memasak. Ini adalah pekerjaan rumah paling favorit aku. Meskipun ga jago-jago amat dalam memasak, tapi Alhamdulillah, masakan aku ga bikin orang rumah sakit perut (kecuali aku jahil bikin makanan pedes-pedesan). Awal dari ketertarikan memasak ini adalah karena ibuku yang sering meminta saya untuk membantunya memasak, akhirnya malah keterusan dan menjadi koki pengganti dirumah bila Ibu tidak sedang memasak.

Banyak manfaat yang dirasakan ketika orang memasak, menjadi lebih kreatif misalnya. Lah kok bisa? Jawabannya Bisa Dong! Ketika kita membuka isi kulkas dan hanya menemukan beberapa bahan yang ala kadarnya, maka kita dituntut untuk bisa mengkreasi bahan-bahan tersebut menjadi makanan yang lezat dan nikmat untuk disajikan pada keluarga. Menurut saya disitu letak bagaimana memasak bisa menjadi ajang mengasah kreatifitas.

Mencuci Piring. Lah, mencuci piring? Iyeees, mencuci piring menjadi salah satu pekerjaan rumah paling favorit bagi saya. Kenapa? karena pekerjaan mencuci piring udah jadi satu sama memasak. Mencuci piring juga adalah pekerjaan rumah tangga yang simpel dalam pengerjaannya karena tidak membutuhkan ketelitian seperti sedang menyetrika, sehingga tidak menguras banyak waktu.

Saya akan membagikan tips bagaimana memasak dan mencuci piring lebih cepat, mungkin bisa kalian praktikkan ketika dirumah. Caranya sederhana saja, Lakukan kedua hal itu sekaligus, jangan pernah menumpuk piring kotor ketika anda memasak. Justru lakukan mencuci piring ketika anda memasak, sambil menunggu masakan matang biasanya. Jangan pernah biasakan diri anda untuk “nganggur” saja ketika menunggu masakan matang. Dengan begitu pekerjaan jadi lebih ringkas dan menghemat waktu. Bisa di coba ya! Temans semua suka pekerjaan rumah yang mana?

Advertisements
Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : Kalau libur, Suka Aktivitas Apa Sih? (Day 20)

BPN 30 Days Blog Challenge day 20-Mutiara's Land

Hai semuanyaaa… Balik lagi cerita yuk, kali ini tentang aktivitas apa saja yang suka dilakukan ketika libur. Apa yaaa? kalau saya sih aktivitas kayak biasanya ya, apa ada temen yang memiliki aktivitas khusus disaat liburan? Tulis di kolom komentar yuuuk.

Saya tidak memiliki aktivitas khusus dikala hari libur- tetap mencuci, belanja ke pasar, masak, bahkan menambahkan waktu untuk setrika- hehehehe, hari libur saya khas banget dengan pekerjaan emak-emak. Karena bagi saya, meski hari libur, yang namanya perut kudu tetep diisi makanan kan? Nah, darimana datangnya makanan kalau tidak dari belanja ke pasar lalu memasaknya dirumah.

Perbedaan hari libur dengan engga libur bagi saya adalah adanya kelonggaran waktu. Saya jadi bisa sedikit santai dalam melakukan aktivitas, tidak berpacu dengan waktu seperti hari-hari biasanya. hehehehe…

Hari libur saya juga tidak melulu bahagia, maksudnya bisa benar-benar merasakan liburan. Terkadang saya justru harus mengajar privat dikala hari libur itu. Yaaaa gimana lagi nih muridnya bisanya hari sabtu-minggu doang kalau les. Kasian juga kan kalau ga dijabanin. Jadi saya sempatkan untuk mengajar les barang 2 jam, setelah itu saya bisa berlibur kembali kerumah dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Ohya, saya ada kegiatan khusus yang biasanya dilakukan pada hari libur, yaitu mengunjungi mertua. Ini adalah aktivitas yang wajib kalian sempatkan jika sudah berumah tangga. Berkunjung kerumah mertua atau orang tua adalah aktivitas yang cukup menyenangkan, semacam piknik singkat, tapi bisa merekatkan hubungan baik kepada orang tua. Ketika mengunjungi orang tua, biasanya kami memiliki kegiatan khusus, yaitu mengobrol dengan mereka, sekedar bertanya kabar, dan membantu pekerjaan mereka selagi kami ada disitu. Menyenangkan bukan?

Aktivitas lain yang kadang saya lakukan ketika libur adalah menyegarkan diri, ini bisa saya lakukan dalam bentuk kegiatan menulis, pergi ke salon, kadang saya hanya duduk di sebuah resto cepat saji dan pesan minuman kemudian duduk sebentar disana untuk menikmati waktu. Itu salah satu me time saya yang cukup enaklah, cukup bikin saya segar dan semangat lagi mengerjakan hal lain.

Udah dulu nih ceritanya, mau lanjut pekerjaan emak-emaknya, hahahahaha… Tetep semangat emak-emak yaaa, meski tanggal merah bukan berarti liburan juga untuk kita.

Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : 10 Lagu yang Ada di Playlist (Day 19)

BPN 30 Days Blog Challenge day 19-Mutiara's Land

Setiap orang biasanya akan butuh semangat dalam mengerjakan sesuatu, biasanya semangat tersebut menjadi pengiring dalam melakukan sebuah aktivitas. Apa sih semangat itu? Biasanya dalam bentuk lagu. Entah mengapa, jika teriring dengan sebuah lagu, sering kali emosi kita menjadi sesuai dengan lagu tersebut. Jadi jika teman-teman butuh penyemangat, cobalah setel lagu-lagu yang bikin semangat juga. Jangan yang galau ya!

Ngomong-ngomong tentang lagu, saya juga terkadang mendengarkan beberapa saat ketika sedang mengerjakan sesuatu didepan laptop. Biasanya itu ketika saat suntuk, atau pula saya ingin tidak diganggu, jadi ketika saya pasang headset sudah fokuslah saya dengan apa yang ada didepan.

Kalau ditanya selera lagu yang sering saya putar, saya ini termasuk anak tahun 2000an, jadi selera musik saya ya yang cenderung agak jadul daripada lagu-lagu sekarang. Bagi saya, lagu-lagu yang sekarang agak alay sih, kalau lagu yang dulu itu lebih sarat akan makna dalam liriknya. Lalu apa aja sih 10 lagu yang ada di Playlist saya? simak berikut ya!

  1. Ipang- Sahabat Kecil
  2. Nidji – Arti Sahabat
  3. Bondan Fade2Black – Kita Selamanya
  4. Bondan Fade2Black – Kau Puisi
  5. Project Pop – Ingatlah Hari Ini
  6. Sheila on 7 – Sahabat Sejati
  7. Sheila on 7 – Dan
  8. The Rain – Terlalu Indah
  9. The Rain – Terlatih Patah Hati
  10. The Rain – Dengar Bisikku

Nah, seleranya jadul ya, ketahuan nih anak tahun berapa. hahaha.

Satu alasan saya menyukai musik jadul daripada lagu-lagu yang lagi trends saat ini adalah lirik lagu-lagu jaman dulu masih sederhana. Mereka (para penyanyi jaman dulu) menceritakan benar-benar apa yang mereka rasakan sesuai dengan jaman mereka. Semisalnya menceritakan tentang anak sekolah, mereka tak hanya bercerita tentang cinta-cintaan saja seperti kebanyakan lagu remaja jaman sekarang, tapi mereka juga menceritakan tentang perjuangan, tentang sahabat, dan masih banyak lagi.

Namun bukan berarti saya tidak menyukai lagu-lagu sekarang ya. Banyak juga lagu yang enak di jaman sekarang, namun tetap tidak mengurangi kenikmatan lagu -lagu dulu.

Kalau teman semua tim lagu mana ya? siapa yang suka sama lagu jadul kayak sayaaa??? hehehe.

Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : 5 Youtuber Favorit (Day 18)

BPN 30 Days Blog Challenge day 18-Mutiara's Land

Helloooo, siapa disini yang ga suka non ton youtube???? Ada yang ngacung? Kayaknya sih engga ya. Hampir dipastikan saat ini engga ada yang engga suka youtube, mulai dari anak bayi sampe kakek-nenek pasti ketagihan yang namanya nonton video di youtube.

Youtuber saat ini mungkin menjadi profesi yang lagi booming. Hampir semua orang yang saya jumpai “mengadu nasib” menjajakan video hasil karya mereka lewat youtube. Itulah salah satunya yang membuat youtube jadi meledak banget saat ini, banyak video yang diupload. Namun sayangnya,  video-video itu juga tidak sedikit yang aneh, dan kurang berkualitas, bahkan ga jelas tujuannya. Sebagai contoh nih, video prank sama pacar aja bisa diupload di youtube. Aneh juga kan ya.

Tapi Alhamdulillah, diantara bejibun video-video aneh yang terpampang di youtube. Masih ada youtuber yang mau menyajikan konten kreatif yang bermanfaat bagi orang lain. Nah, ini youtuber favorit versi saya ya!

5 Youtuber Favorit!

Fitra Eri, Motomobi, dan Ridwan Hanif

Ini adalah 3 orang youtuber yang videonya paling sering aku tonton. Kenapa justru mereka yang notabene adalah youtuber dalam bidang otomotif? Awalnya karena ikut-ikutan suami yang suka tayangan youtube otomotif, eh malah keterusan sekarang. Trio youtuber ini aktif banget, saya sampai follow mereka juga di Ig. Mereka asyik sekali dalam penyampaian materi vloggernya. suip deh!

Soleh Solihun dan Bayu Skak

Dua youtuber ini berasal dari kalangan komedian. Soleh Solihun yang merintis The Soleh Solihun Interview, berisi tentang interview para artis yang ditemuinya. Gayanya yang lucu -karena image sebagai komedian juga ga bisa lepas- menjadi interview ini salah satu refreshing otak. Asyiknya, meskipun Soleh Solihun sebagai inteview juga memiliki pertanyaan-pertanyaan yang cerdas.

Saya sudah mulai menonton Bayu Skak sejak dibangku kuliah, kalau tidak salah waktu  itu sekitar tahun 2011an. Video-video Bayu Skak sangat menghibur. Bayu Skak juga sangat kreatif. Dia juga dapat menjadi beberapa karakter untuk menghidupkan komedinya. Bayu mengangkat tema-tema sederhana yang ada dikalangan anak remaja pada waktu itu, oleh karena itu video Bayu Skak mudah diterima. Dan satu hal yang unik, Bayu memakai full bahasa Jawa untuk video-videonya.

Nah itu tadi para youtuber favorit saya. Bagi saya menonton youtube lebih pada dua hal, mencari informasi dan hiburan. Namun, ketika mencari hiburan, carilah hiburan yang tetap memiliki karakter dan tidak ngasal, sehingga hiburanmu juga sedikit berkualitas.

Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : 5 Hal yang Ingin dilakukan pada 2019 (Day 17)

BPN 30 Days Blog Challenge day 17-Mutiara's Land

Akhir-akhir ini menjadi dilema menulis karena tiba-tiba jadi amburadul jadwal. Ditambah dengan harus fokus dengan menemani pak boss dalam menyelesaikan tugas akhirnya, tak jarang akhirnya pulang udah malam dan tidak terpikir lagi akan menulis apa.

Oke, saatnya membayar hutang beberapa tulisan, mulai semangat lagi nih, apalagi hari ini akan cerita tentang 5 hal yang ingin dilakukan di tahun 2019. Hmmm apa ya? Kalau aja di list mungkin banyak banget yang pengen dilakukan di tahun depan (semoga Allah memberkahi, memberikan umur panjang).

5 Hal yang ingin dilakukan di 2019

pertama, fokus dalam ngeblog

Ini adalah harapanku, di tahun depan ingin bisa lebih konsisten dalam menulis. Kenapa? karena ingin berbagi sesuatu yang lebih baik pada orang lain. Salah satu caranya ya dengan nulis blog ini. Selain itu, dengan nulis blog secara konsisten, maka saya sedang berusaha memperkaya karya tulis pribadi meskipun belum ilmiah juga. Namanya belajar dan berproses ya, pasti tidak selalu harus instan. 😉

kedua, kuliah lagi

Kuliah lagi menjadi keputusan polemik bagi kami berdua. Sampai saat ini keputusan untuk kuliah lagi masih selalu menjadi impian (bagi saya) dan gambling (bagi mas). Kecintaan saya pada dunia pendidikan membawa saya selaluingin dekat dengan sekolah lagi, lagi, lagi dan lagi. hahahahaha…. Tidak harus pada 2019 memang, tapi sungguh harus diniatkan dari sekarang. Bismillah yaaaaa…..

ketiga, touring to Palembang

Kalau yang ini adalah keinginan dari si Mas. Si Doi pengen banget menjelajah alam hingga ke kampung halaman saya di Palembang. Setelah lebaran kemarin kami pulang kampung bertiga untuk pertama kalinya, dan ternyata dia nagihhhh balik ke Palembang. hahahahahaha, sukses ya akuuu.

keempat, belajar jadi trainer

Belajar jadi trainer sebenarnya udah lama aku jalani. Dulu ketika kuliah, aku sering sekali menjadi asisten dosen. Kemanapun dosen itu berada, aku seperti ekor yang mengikutinya. Pernah suatu waktu aku menemani dosenku tersebut hingga setiap minggu aku bisa keluar kota, entah ke Malang, Jombang, dan kota lainnya. Namun, akhirnya aku agak Off tetapi syukur dipertemukan untuk belajar kembali dan menjadi asisten dari orang hebat, dosenku dan beberapa kenalan yang akhirnya kami berbagi ilmu. So, 2019 pengen jadi kayak mereka!

kelima, belajar seo dan marketing

Dari tahun ke tahun selalu harapannya ada peningkatan yang dilakukan, termasuk apa yang kita pelajari. Saya ingin sekali bisa belajar marketing dan seo (untuk Skula Edu khususnya), dari dulu saya belajar untuk memperbaiki isi -sampai dengan sekarang masih belajar terus memperbaiki pengetahuan demi konten yang baik dan bermanfaat- namun saya merasa harus ada peningkatan. Yap, selama ini saya seperti menutup diri untuk belajar bagaimana “menawarkan” skill yang dimiliki pada orang lain, oleh karena itu saya merasa di tahun depan saya ingin menyisihkan waktu belajar untuk itu.

Itu tadi cerita saya tentang apa aja yang pengen dilakukan di tahun depan. Sekali lagi ini adalah keinginan, semoga Allah mudahkan semua jalan kita untuk jadi lebih baik. Eh, kalau teman pengen ngapain aja sih di tahun depan?

 

Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : 10 Blog Seru untuk Blogwalking (Day 16)

BPN 30 Days Blog Challenge day 16-Mutiara's Land

Haaaai semuaaaa…

Memasuki pertengahan Blog Challenge ini, rasanya semakin hebat! Hebat bisa belajar nulis konsisten, belajar mengolah kata-kata, dan salah satunya rutin mengintip blog ke sesama blogger yang ikutan challenge ini juga. Nah, karena itu, kali ini mau bahas tentang 10 blog seru apa untuk blogwalking.

10 Blog Seru untuk Blogwalking

pertama, dua ransel

Entah kenapa masih setia dengan mengintip blog ini dikala sedang suntuk butuh liburan namun waktu dan kondisi tak mengizinkan. Blog ini lengkap banget menyajikan pemandangan dari berbagai negara di dunia. Sepertinya hampir ke lima benua di dunia udah dikunjungi oleh dua ransel ini. Uniknya mereka hidup secara nomaden sejak tahun 2009!

kedua, dewinaisyah.wordpress.com

Ingin dapat inspirasi tentang kehidupan menjadi LPDP awardee di UK, kehidupan memboyong keluarga bersama menjalani kehidupan di luar negeri namun tetap bisa berkarya, bermanfaat bagi orang lain, cocok sekali mengunjungi blog ini. Blog ini bercerita tentang dewi nur aisyah yang sedang menjalani kuliah di London.

ketiga, naked-traveler.com

Sepertinya blog yang sering saya datangi adalah yang berbau travelling. hehehe, kenapa coba? karena buat jalan-jalan sendiri uangnya masih belum cukup. Alhamdulillah nya ada blog yang senantiasa setia untuk memberikan kabar mengenai hasil jalan-jalan mereka. Gapapa deh mantengin jalan-jalan orang dulu, esok kita yang jalan-jalan!

keempat, skulaedu.com

Skula Edu adalah blog yang berisi tentang inspirasi edukasi. Banyak banget hal yang bisa kamu dapetin di weblog ini, mulai dari media sederhana, tips parenting, tips belajar, dan masih banyak lagi. Coba deh jalan-jalan ke blognya!

kelima, gurusd.web.id

Ini adalah blog yang menyajikan seluk beluk mengenai dunia pendidikan di Indonesia, mulai dari soal ujian siswa sampai dengan kesejahteraan guru ada semua disini.

keenam, blog,ruangguru.com

Nah, kalau ini blog punya startup pendidikan di Indonesia yang namanya Ruangguru. Di sini banyak juga penjelasan tentang dunia pendidikan, termasuk tips-tips belajar, secara kan sebagai guru privat maka saya juga harus update ilmu-ilmu pendidikan terkini.

ketujuh, xiaovee.com

xiao vee ini adalah beauty blogger di Surabaya. Di blognya banyak cerita tentang bagaimana tips biar beauty. hehehe, meskipun saya ga bisa dandan, sesekali gapapalah ya jalan-jalan ke blog yang bahas kecantikan.

kedelapan, mirasahid.com

Selalu penasaran dengan Bu Mira yang aktif blogging sampai bisa kemana-mana. Kalau ga salah, dulu Bu Mira ini orang kantoran, sekarang malah aktif jadi blogger. Kapan hari bertemu di acara milik siberkreasi yang kebetulan mampir di Surabaya.

kesembilan, shintaeris.com

Bu Shinta ini adalah salah satu pendiri dari BPN. Seru saja mengikuti blog beliau yang banyak berbagi ilmu tentang blogging juga. Senang sekali waktu membaca tentang cerita beliau yang merasa mimpinya terwujud, yaitu mendirikan Blogger Perempuan Network. Siapa tahu kan aku juga bisa ketularan. :p

kesepuluh, bloggerperempuan.com

Kenal bloggerperempuan ini membuat saya rajin banget kepoin satu persatu artikel didalamnya. Kenapa? karena banyak banget hal bermanfaat yang bisa diambil. Bisa tentang cara-cara blogging yang yahud, hingga masalah keluarga dan perempuan. TOP deh!

kesebelas, emak2blogger.com

Lah, jadi kebablasan sebelas, gapapa ya. Banyak sekali komunitas-komunitas blogging yang bertebaran, salah satunya komunitas emak blogger ini. Di blognya kalian bisa baca banyak sekali informasi terkait dunia blogging. Sayang banget untuk dilewatkan.

Nah, itu tadi ya teman penjelasan tentang blog yang enak untuk kita kunjungi. Sebenarnya diluaran sana banyak sekali blog yang bisa kalian kunjungi dan tentu saja isinya bagus-bagus. Yuk, jumpa lagi di cerita berikutnya ya.

Posted in aktivitasku, Self Story

BPN 30 Days Blog Challenge : 10 Akun Instagram Favorit (Day 15)

BPN 30 Days Blog Challenge day 15-Mutiara's Land

Sosial Media adalah cara baru dimana kita bisa meliaht sisi kehidupan orang lain dengan melihat apa yang mereka posting kesehariannya. Banyak sekali sosial media yang sekarang tercipta, seperti facebook, instagram, path, twitter dan masih banyak lagi sosial media yang kadang bikin kita pusing sendiri. hehehehehe

Oke, kali ini akan bahas tentang 10 akun instagram yang sering aku kepoin. Kira-kira akunnya siapa ya?

10 Akun Instagram Favorit

Pertama, Ummubalqis.blog

Siapa sih yang ga tau akun instagram ini? Cocok banget isinya tentang quotes menjalani kehiudpan rumah tangga. Mulai dari bagaimana suami-istri, anak hingga orang tua. Kadang ada cerita-cerita lucu dan inspiratif yang di tulis, dan kadang ada cerita tentang perjuangannya hidup beliau dahulu. Bagus deh! coba kepoin juga ya.

Kedua, Ikea_id

Sering kepoin akun ini dan berharap juga kelak rumah saya seperti yang ikea gambarkan dalam desain rumahnya. hahahahaha…. Eits, paling sering  juga kepoin akun-akun jastipnya, kira-kira ada barang yang cocok harganya langsung beli. eh, lumayan loh, kapan hari nemu keset ikea dengan harga 15 rebu doang. hihi…

Ketiga, Cerita Vanilla

Cerita Vanilla adalah blog dari ownernya Vanilla Hijab. Disini banyak sekali cerita-cerita inspiratif memulai usaha sendiri. Ownernya masih muda, bahkan lebih muda daripada aku, tapi langkahnya luar biasa. Ini yang sering aku kepoin karena bisa jadi inspirasi aku untuk terus bermanfaat bagi oran lain.

Keempat, Blogger Perempuan

Akun instagram ini memuat banyak tips-tips ngeblog. Selain itu juga bisa berjumpa dengan para blogger lain. Di Blogger Perempuan, saya menmukan banyak hal dalam ngeblog, salah satunya dalah kompetisi blog dan tantangan blog ini. Bikin semangat nulisnya nih.

kelima, 5 mins.craft

Siapa yang ga tau akun ini? isinya tentang video-video kreatif yang bisa kita praktikkan sendiri dirumah. Kadang heran sama 5 mins.craft ini, dapat ide dari mana coba bisa segitu kreatifnya.

keenam, emak2blogger

Emak2blogger adalah salah satu komunitas blogger yang cukup besar di Indonesia. Gabung dikomunitas ini untuk dapat banyak ilmu ngeblog dan gimana sih berjejaring bersama blogger lain. Kegiatan dari komunitas ini keren-keren loh.

ketujuh, haloibu.id

Ketahuan udah emak-emak ya. Yap, di akun ini banyak informasi tentang bagaimana menjadi ibu. Banyak informasi dan tips-tips juga yang dibagikan.

kedelapan, beasiswa_news (lpdp)

Karena masih berharap mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah, saya akhirnya terus kepoin akun ini. Sekarang masih persiapan kok, belum daftar beneran. hehehehe

kesembilan, maureenmoz

Akun ini adalah akun instagram dosen tercinta saya yang sedang menempuh PhD nya di Belanda. Foto-foto keren, banyak inspirasi tentang pembelajaran, itulah salah satunya kenaa saya ngefans sama akun instagram ini. Love you Mom!

kesepuluh, sabai & ringgo

Siapa yang ga kenal 2 akun suami istri ini?

Sering menceritakan tentang anak semata wayang mereka Bjorka yang umurnya ga jauh dari Royyan. Foto-foto mereka juga ciamik banget deh. Banyak yang mereka ceritakan lewat akun instagram ini, seperti kehidupan rumah tangga mereka yang kocak abis!

hehehehe…

Itu tadi 10 akun instagram yang saya suka sekali. Kalau temen-temen kesukaanya sama ga sih?